Soundrenaline Blogwalking Tour 2014, Pengalaman Menarik dalam Menikmati Festival Musik



Bulan lalu saya mendapat kesempatan untuk bergabung dalam Blogwalking Tour untuk gelaran Soundrenaline 2014. Meskipun hanya berkesempatan untuk mengikuti blogwaking di Surabaya (Soundrenaline tahun ini digelar di 2 kota, Surabaya dan Medan) saya cukup senang dengan diikut sertakan dalam pengalaman menarik dalam mengikuti gelaran festival musik terbesar di Indonesia ini. Saya akan menceritakan beberapa hal yang saya dapatkan setelah mengikuti Soundrenaline Blogwalking 2014 di Surabaya.

Ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengikuti Blogwalking di event manapun, dan untuk suatu event / festival musik, konsep seperti ini tentulah sangat menarik. Ada banyak hal yang bisa di dapat dan tidak bisa di dapat oleh penonton biasa yang membeli tiket pertunjukan sebuah festival musik. Sebagai jurnalis dan blogger, dengan adanya Blogwalking tentu secara tidak langsung akan menambah relasi mereka, entah ke pihak agency / promotor dan relasi ke sesama jurnalis dan blogger yang mengikuti gelaran tersebut. 

Meskipun banyak yang bilang saya cukup pendiam di awal tetapi akhirnya saya mendapat teman-teman baru dari Maverick, beberapa jurnalis media online – cetak nasional, dan rekan-rekan blogger seperti Dimas Ario, Kang Motulz dan Agung Hartamurti. Untuk Agung, media online saya (KANALTIGAPULUH) memang ada afiliasi dengan media milik dia (IROCKUMENTARY) tetapi baru ini kami mendapat kesempatan untuk bertemu langsung, karena meskipun saya cukup sering ke Jakarta juga untuk meliput beberapa festival musik disana, saya belum mendapat kesempatan untuk bisa bertemu langsung dengan si Agung ini. Saya juga sangat senang karena sangat kebetulan bisa bertemu sahabat lama saya yang ternyata saat ini menjadi Manager dari band Stereocase dan Promotions dari band GIGI. 3 tahun lamanya kami tidak bertemu, dan bertemu di Soundrenaline kali ini tentu menjadi semacam kejutan lain yang sama sekali tidak saya duga.

Kedua, saya jadi lebih tau banyak tentang kota yang kami kunjungi, yaitu Surabaya. Sebagai anak yang dibesarkan di kota Malang, tentu Surabaya tidak terlalu asing dengan saya. Tetapi dengan berbagai agenda kunjungan seperti ke Museum Kapal Selam dan House of Sampoerna itu menjadi pengalaman unik buat saya. Sebagai orang yang cukup sering datang ke kota Surabaya, saya malah belum pernah mengunjungi tempat-tempat ini. Ulasan singkat tentang kunjungan kami ke Museum Kapal Selam dan House Sampoerna bisa dibaca disini.

Terakhir, tentu event Soundrenalinenya sendiri. Tema Voice of Choice tentu menjadi tema yang menarik ditengah panasnya panggung politik Indonesia menjelang pemilihan umum pemimpin Negara ini. Meskipun line up semacam GIGI, SLANK dan KOTAK akhirnya tidak bisa membawakan “the best song list” mereka, dari sisi band nya tentu akan cukup tertantang untuk bisa membawakan full track dari album yang terpilih untuk dibawakan berdasarkan proses voting dari audience. Dari sisi performer, ini bisa menjadi hiburan disela kebosanan mereka dalam membawakan lagu yang itu-itu saja, dan dari sesi penonton ini bisa menjadi semacam nostalgia karena Slank membawakan album lamanya, yaitu album tujuh yang dirilis pada tahun 1998. Ulasan singkat dan dokumentasi foto tentang Soundrenaline Voice of Choice 2014 di Surabaya dapat dibaca dan dilihat disini, saya juga sempat menulis tentang timeline Soundrenaline  yang juga bisa dibaca disini dan sebuah tulisan tentang Soundrenaline secara umum yang bisa dibaca disini. Tahun lalu saya juga datang ke Soundrenaline di Yogyakarta, namun tentu pengalaman yang saya dapat jauh berbeda saat mengikuti blogwalking tour dan menjadi penonton biasa. Untuk foto-foto saya saat menyaksikan Soundrenaline 2013 di Yogyakarta bisa di simak disini

Semoga dilain kesempatan saya bisa mengikuti Blogwalking selanjutnya, ini menjadi salah satu pengalaman unik saya dalam meliput dan menonton suatu konser / festival musik, karena selama ini hanya Soundrenaline yang concern dalam menggelar Blogwalking Tour dalam tiap gelaran eventnya.

Pada akhirnya, Soundrenaline Blogwalking Tour menjadi memiliki suatu nilai lebih, karena untuk menikmati sebuah festival musik tidak hanya berdasar pertunjukan musiknya saja, tetapi ada banyak hal / pengalaman lain yang bisa di dapat saat mengunjungi kota dimana festival musik tersebut di gelar, dan Sampoerna A dengan sukses menyajikan semuanya dalam Soundrenaline Blogwalking Tour.

This entry was posted on June 30, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply