Pribumi, Kejujuran Bermusik Dalam Lirik Yang Puitis


Mungkin masih banyak yang asing dengan nama Handoyo Puwowijoyo. Sosok yang lebih banyak “dibalik layar” saat Seek Six Sick pentas karena (mungkin) lebih dominannya sosok seorang Bofag sebagai sang vokalis utama ini sebenarnya adalah sosok yang cukup berpengaruh dalam perkembangan band-band eksperimental di Jogja pada awal era 2000-an.
Sosok Handoyo sebenarnya tidak cocok menjadi seorang vokalis, penampilannya yang sangat dingin dan biasa saja tentu cukup mengundang gelak tawa untuk yang menonton penampilannya. Namun, ada hal lain yang membuat penonton terdiam: lirik-lirik puitis yang ditulisnya.
Pribumi adalah proyek bermusik dari Handoyo Puwowijoyo, Soni Irawan pada gitar dan Aan pada drum. Cukup menarik adalah bisa dibilang ini adalah proyek bermusik dari personel Seek Six Sick, meskipun Handoyo Nampak lebih dominan daripada Soni Irawan yang biasanya mengokupasi performa panggung dengan karakter sound noisenya. Lirik-lirik puitis dari Handoyo sukses membentuk karakter tersendiri dari band ini, dan Soni tidak menjadi ‘dominator’ dari segi musikalitas, tidak seperti di band asalnya.
Album ‘Jalang’ ini berisikan 7 buah track, semua lirik ditulis oleh Handoyo dan untuk musik di aransemen oleh Soni Irawan. Sebuah perpaduan yang pas menurut saya untuk membuat suatu karya musik yang mumpuni dengan dominansi lirik yang jujur dengan penampilan seorang vokalis yang sangat dingin dan sederhana. Album ini dapat kamu nikmati dengan  mengunduh secara gratis di situs netlabel YesNoWave. 
*tulisan ini juga dipublikasikan di situs KANALTIGAPULUH

This entry was posted on July 3, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply