Perancangan Dasar Dalam Menjalankan Media



Tulisan ini akhirnya muncul setelah beberapa hari yang lalu beberapa orang ‘memaksa’ saya untuk menulis tentang “mengapa media independen di Indonesia banyak yang tidak bertahan lama”. Media independen  menurut saya adalah sebuah media yang berdiri sendiri tanpa ada tendensi dan kepentingan dari pihak manapun, terutama dari pihak pemodal.

Saya akan bagi sedikit disini mengapa banyak media independen, untuk musik khususnya yang tidak bisa long lasting di Indonesia.  Tingkat kreatifitas dan semangat anak muda untuk berkarya di Indonesia memang sangat tinggi, namun terkadang ada beberapa faktor pendukung yang tidak dipikirkan pada saat akan mendirikan sebuah media

Konten & Perumusan Kreatif
Ini adalah hal yang paling penting. Untuk bisa membuat audience tertarik, tentu juga harus mampu menyajikan sesuatu yang menarik. Konten yang menarik menjadi hal yang mutlak harus disajikan disini. Buatlah sesuatu yang berbeda dari media-media / layanan lain yang sudah ada.

Manajerial
Semangat menjalankan segala seuatu di awal bersama tim yang sudah dianggap solid terkadang tidak menjamin juga sebuah media dapat bertahan lama. Loyalitas dalam menjalankan jobdesk dan kualifikasi pekerjaan yang sesuai kemampuan masing-masing personal di dalam media itu sendiri juga penting. Sebagai media yang berdiri sendiri, tentu kerjasama tim sangat penting disini, jika manajerial internal amburadul, bisa dipastikan media tersebut juga tidak akan bisa bertahan lama. Banyak media independen yang gulung tikar karena adanya perpecahan pendapat di dalam struktur organisasinya.

Riset Pasar
Meskipun mengusung azas non profit, riset pasar tentu juga penting. Ini untuk dapat mengetahui bagaimana awareness dari audience dan orang-orang yang terlibat secara internal di media itu sendiri. Riset pasar berguna untuk mengetahui konten apa yang ingin di dapat oleh audience di media kamu, disamping itu kamu disini juga bisa melihat / mensurvey media-media sejenis yang sudah lebih dahulu ada dan establish, untuk mengetahui apa yang membedakan media kamu dengan media-media lainnya. Dengan begitu benefit dari media kamu sendiri akan dapat bertambah.

Event
Sebagai media, tentu tidak salah jikalau memiliki event off air. Yang saya maksud disini adalah membuat sesuatu yang bersinggungan langsung dengan publik. Dengan begitu kamu bisa promosi secara langsung, tidak hanya melalui dunia maya. Untuk menentukan event apa yang ingin dikerjakan, bisa dilakukan riset pasar terlebih dahulu.
  
Penguatan Marcomm dan Public Relation
Meskipun non-profit, tentunya posisi Marcomm juga penting. Engga mungkin juga kan kamu selalu swadaya untuk membiayai operasional media kamu? Banyak juga media yang gulung tikar karena tidak memiliki dana operasional untuk membiayai urusan teknis seperti maintenance website, sewa domain dan server. Public Relation tentu sebagai penghubung media kamu ke masyarakat luas. Sosok ini juga sangat vital dalam urusan promosi media kamu.

Evaluasi dan Rekomendasi
Tentu perlu ada yang namanya evaluasi, untuk melihat apakah target yang diharapkan sudah tercapai atau belum. Jika belum tercapai, kamu harus melakukan evaluasi menyeluruh melalui step pertama yang sudah saya tulis diatas.
=====

Sekarang, setelah membaca sedikit ulasan dari saya diatas sudahkan kamu memikirkan dan merancang langkah-langkah yang saya tulis di dalam menjalankan media kamu? Jangan sampai apa yang sudah kalian perjuangkan hanya menjadi media yang prematur, di dalam menjalankan dan membuat segala sesuatu, kita harus memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Branding sangat penting dalam menentukan mau dibawa kemana arah media kamu. Salam.

This entry was posted on February 28, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply