INTERVIEW: ROCK N ROLL MAFIA NEW RELASE ALBUM PRODIGAL


Tiga hari lalu,  tepatnya tanggal 29 September 2012 band elektronik yang berasal dari Bandung dan sudah berumur kurang lebih 10 tahun ini merilis album baru nya yang bertajuk PRODIGAL di event LA LIGHTS JAVA SOULNATION FESTIVAL 2012. Berikut interview singkat saya dengan Hendra Jaya Putra, Eky Darmawan dan Bueno Jurnalis dan beberapa dokumentasi dari release party mereka.
“Kenapa  album baru kalian ini bertajuk PRODIGAL? ada alasan khusus kenapa kalian memakai nama ini untuk title album baru kalian?”
PRODIGAL sendiri artinya luas banget, dan dapat diartikan dari berbagai macam sisi jika kita mengartikan kata tersebut dengan melihat turunan katanya. Dari kami pribadi melihat kata PRODIGAL melalui turunan katanya yaitu “Prodigius” yang memiliki arti great/enermous/amazing, tapi kebanyakan orang berasumsi negatif tentang arti kata prodigal, karena kebanyakan orang mengartikan secara langsung dari kamus, maka orang akan mengartikan prodigal sebagai boros/royal. Ada benarnya juga karena di album ini kita memang boros ide dari segi musikalitas dan pemikiran lirik, jika dianalogikan lagi ke-ambiguan kata “Prodigal” ini sesuai dengan cover dari album ini yaitu burung kasuari (Cassowary): yaitu  burung yg berwarna indah, anggun,bersifat pemalu tapi sekaligus mematikan.
“Dibandingkan dengan album kalian sebelumnya, musikalitas  di album ini jauh berbeda, dan selama jeda lima tahun ini dari release album kalian yang sebelumnya, apa aja yang kalian kerjakan? Menarik juga soal featuring dengan Maliq  D’Essentials di album ini, berhubung dari segi musikalitas, kalian dengan Maliq jelas sudah sangat berbeda”
Lima tahun terakhir kita sibuk dengan urusan masing-masing, sambil tetap mengumpulkan materi untuk album ketiga. Dari sekian materi yang terkumpul kita merasa belum cukup puas, dan akhirnya sebagian materi kami jadikan materi EP di tahun 2011 dengan tittle “Play” yang di-release oleh UNKL347. Proses kolaborasi dengan Maliq D’Essentials berjalan alami, karena dalam pengerjaan album kami selalu berinteraksi dengan mereka, Voila; jadilah lagu “Palpitate”. Secara musikalitas sebenarnya Rock N Roll Mafia dan Maliq D’Essentials memiliki banyak benang merah, salah satunya sama-sama suka musik yang “bagus”
“Last question, kenapa memilih tempat untuk launching n release di event LA LIGHTS JAVA SOULNATION FESTIVAL 2012, engga seperti kebanyakan band yg melakukan showcase dalam launch album nya?”
Tidak ada alasan spesifik, kebetulan tanggal selesai produksi album “Prodigal” sesuai jadwal yang kita rencanakan berdekatan dengan tanggal event Java Soulnation 2012, dan kami kami sangat excited untuk membuat “Release Party” album “Prodigal” di-event tersebut, karena ini merupakan pengalaman pertama Rock N Roll Mafia untuk release di event yang bersifat umum, and thank God semua berjalan lancar dan performance kami dapat mencuri perhatian pengunjung Soulnation 2012. Untuk Showcase seperti pertanyaan diatas, kami sedang merencanakan Special Showcase dalam waktu dekat, Let’s hope for the best famiglia.
*Tulisan ini juga di publish di deathrockstar.info Jakarta

This entry was posted on March 2, 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply