Mau Jadi Apa?

Sedang banyak hal yang saat ini berkecamuk di kepala saya. Nampaknya saat ini saya sudah sampai di fase dimana harus menentukan pilihan hidup. Saya ingin sedikit bertanya, apa pilihan hidup kamu? Apa ingin sama seperti kebanyakan orang yang memiliki satu pilihan setelah lulus masa studi, bekerja?


100% saya yakin kalian yang membaca tulisan ini berpemikiran, saya harus bekerja. Lalu, saya akan sedikit bertanya lagi.. Bekerja yang seperti apa? Saya juga yakin kalian akan menjawab bekerja yang menghasilkan banyak uang dan menyenangkan keluarga besar saya dimata kolega atau lingkungan kiri - kanan saya. Pertanyaan terakhir dari saya, apakah dengan seperti itu kalian akan bahagia? Untuk hal ini, silahkan kalian sendiri yang menjawab.

Sepertinya saya terlihat seperti orang bodoh saat ini. Masa studi yang seharusnya bisa diselesaikan setahun yang lalu, baru akan selesai semester ini. Saya kemana saja? Saya tidak kemana-mana. Saya ada disini, sedang menikmati hidup dan mencari pilihan hidup. Saya tidak mau seperti kebanyakan orang yang memiliki pilihan hidup seperti pertanyaan nomor 2 diatas.

Cuma bisa tersenyum melihat kebanyakan teman saya yang lulus cepat, tepat waktu dan akhirnya masuk ke sistem yang sama. Itu tidak salah juga, toh pilihan hidup mereka seperti itu. Gaji besar, tapi kebahagiaan personal harus dikorbankan dengan semacam menjadi mesin pekerja di kantor tanpa waktu refreshing yang cukup. Kalian bahagia seperti itu? Mungkin kalian bisa bilang, ya itu adalah hidup, hidup itu keras! atau sebagai nya.

Nah! kalau kalian bertanya, emang pilihan hidup seperti apa yang saya mau? simple saja, saya mau menikmati hidup dan bahagia. Tapi tunggu, bukan berarti saya tidak akan bekerja atau cukup seperti sekarang saja yang banyak dibilang terlalu enjoy dengan diri saya sendiri. Menghabiskan waktu 1 hari nya di tiap minggu di sebuah cafe di daerah baciro bersama teman-teman membahas banyak hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh kalian, mengunjungi pameran teman-teman saya yang lain, menjadi jurnalis indie di sebuah media musik nasional Jakarta, memiliki sebuah media side-stream dan netlabel di Indonesia, mungkin hal seperti ini tidak pernah terpikirkan oleh kalian. Kuliah, lulus cepat dan bekerja, pokoknya saya harus harus membahagiakan orang tua dengan pola pikir seperti itu. Saya kira, dengan apa yang saya lakukan sekarang sudah cukup membahagiakan orang tua saya meskipun cara nya tidak sama seperti kalian. Saya senang seperti ini, dan apa yang sudah saya lakukan sekarang bakal menjadi sebuah jalan lain setelah saya mendapat gelar Sarjana, meskipun hal ini diluar konsentrasi studi saya.

Saya tidak menuntut kalian tau apa yang selama ini saya kerjakan, itu enggak penting. Ini hidup saya dan itu hidup kamu, cuma untuk sekedar tau saja.

Tulisan ini sebenernya enggak ada intinya, saya cuma ingin membagi sebuah kebahagiaan personal dan jalan hidup setelah lulus masa studi adalah kalian sendiri yang menentukan, bukan keluarga mu atau orang lain. Enjoyed your life :)

This entry was posted on June 7, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply